Breaking

Selasa, 27 September 2022

Jelang Satu Abad NU, RMI NU Garut Akan Gelar Pelatihan Dan Pembinaan Operator Pesantren

Para pengurus RMI NU Garut sedang melaksanakan rapat internal di PP. Al-Qur'an Qiroatussab'ah Kudang, Limbangan, pada Minggu (18/09/22).


Garut. Menjelang perayaan satu abad Nahdlatul Ulama, juga dalam rangka mendukung program Kementerian Agama RI untuk pondok pesantren terkait input database pondok pesantren secara online melalui aplikasi  Education Management Information System (EMIS) Pontren, Pengurus Cabang (PC) Rabithah Maahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Kabupaten Garut akan menggelar Pelatihan dan Pembinaan Operator Pesantren. Kegiatan ini akan bertempat di Aula Institut Teknologi Garut, pada Minggu (02/10/22) mendatang.


Hal tersebut disampaikan Ketua RMI NU Garut K.H. Rd. Fachmi Moch Noor kepada nugarutonline melalui Wathsapp, pada Selasa (27/09/22). 


Dirinya juga akan terus mendorong operator pesantren untuk segera melakukan input data pesantren agar pesantren di Kabupaten Garut bisa mendapatkan fasilitas dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk pondok pesantren.


"Kegiatan ini adalah bukti bahwa RMI Garut, khsusnya ponpes-ponpes di bawah naungan NU siap menyambut satu abad NU, dengan keselarasannya dengan program pemerintah dalam hal ini kemenag," jelas K.H. Fachmi.


Terkait agenda, Asep Anwar Musadad mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara RMI NU dengan Kemenag Garut guna memperbaiki data-data yang diperlukan oleh pemerintah sebagai dasar menentukan kebijakan seperti pemberian bantuan dan sejenisnya. 


“Saat ini database secara online menjadi hal yang sangat penting bagi pondok pesantren sebagai sumber informasi dan sumber data terkait kondisi pondok pesantren, di antaranya data-data lembaga, data santri, data ustadz-ustadzah, data juga sarana dan prasarana,” ungkap Sekretaris RMI NU Garut.


Baca Juga: http://www.nugarut.or.id/2022/09/kolaborasi-dengan-pemuda-pemudi-gradais.html


Oleh karenanya, pengurus RMI NU Garut yang diberi amanah untuk mendampingi pondok pesantren NU berupaya untuk terus melaksanakan program kerja dari awal kepada seluruh pesantren NU di Kabupaten Garut. Program tersebut di antaranya dengan melakukan pendampingan pengurusan izin operasional bagi pesantren yang belum memiliki izin operasional/NSPP. 


“Setelah beberapa pesantren yang sudah mendapat izop selanjutnya kami mendampingi untuk melakukan input database emis pontren,” terangnya.


Sekedar informasi, dalam kegiatan ini akan menghadirkan beberapa unsur Kemenag dan RMI, diantaranya; Kasi PD Pontren Kemenag, Operator PD Pontren Kemenag dan Operator PC. RMI-NU PCNU Kab. Garut.


Baca Juga: http://www.nugarut.or.id/2022/09/hadiri-hearing-dialog-raperda-pesantren.html


Untuk pendaftaran bisa diunduh melalui: https://forms.gle/6BBcDhmf6y6N6Gi69. Sementara itu, batas akhir pendaftaran akan berakhir pada Sabtu tanggal 30 September 2022 pukul 00.00 WIB.


Adapun langkah-langkah yang harus dilaksanakan calon peserta yakni; Mengisi google form, membawa Laptop, membawa Terminal Listrik, Kuota data/wifi masing2 dan membawa SK Operator masing-masing Pontren. Fasilitas yang akan didapat selain konsumsi, RMI NU Garut akan memberikan sertifikat dan uang transfort


Informasi lebih lanjut bisa menghubungi narahubung kegiatan; Rizqi Zaenal Mustofa, S.Pd.I (081220880600) dan Badar Mujahid, S.Pd. (085624048338)


Pewarta: M.Y.A Sastradimadja


Baca Juga: http://www.nugarut.or.id/2022/09/tingkatkan-wawasan-keorganisasian-mwc.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar